Agustus 2020, Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Bandara Buntu Kunik Mengkendek

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Bandar udara baru di kabupaten Tana Toraja, yakni Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, dijadwalkan akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Agustus 2020 mendatang.

Informasi ini berdasarkan surat penyampaian daftar kegiatan infrastruktur transportasi yang bisa diresmikan tahun 2020 dari Kementerian Perhubungan kepada Sekretaris Kabinet tanggal 12 Mei 2020.

Bacaan Lainnya

Dari lampiran surat tersebut, Bandara Buntu Kunik berada di nomor urut 30 dari 31 proyek infrastruktur perhubungan yang akan diresmikan Presiden Joko Widodo  dari bulan Juli-Desember 2020.

Baca Juga  Dandim 1414 Tana Toraja: Kami Siap Amankan Kunjungan Presiden

Menindaklanjuti surat Menteri Perhubungan kepada Sekretaris Kabinet ini, Kepala Bandara Pongtiku Rantetayo, Jafriadi S, menyurati Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, sebagai penyampaian sekaligus persiapan untuk peresmian tersebut.

“Suratnya sudah kami sampaikan ke Pak Bupati terkait jadwal peresmian Bandara Buntu Kunik di Mengkendek, yang dijadwalkan dari Kementerian Perhubungan pada bulan Agustus 2020,” ujar Jafriadi, saat dikonfirmasi, Kamis, 14 Mei 2020.

Dia menyebut, surat tersebut dikirim kepada Bupati Tana Toraja pada Kamis, 14 Mei 2020.

“Mudah-mudahan tidak ada perubahan jadwal,” katanya.

 

Pada kunjungannya ke Bandara Buntu Kunik pada Jumat, 28 Februari 2020 yang lalu, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, menargetkan proyek bernilai ratusan miliar ini, rampung pada Mei 2020 mendatang.

Baca Juga  7 Foto Kondisi Bandara Buntu Kunik Mengkendek yang Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

“Untuk runway optimumnya 2.000 meter agar bisa didarati Boeing, namun kita akan kerja bertahap, bulan April ini kita selesaikan yang 1.600 meter dulu sehingga paling lambat Mei 2020 sudah bisa beroperasi,” tegas Budi Karya kepada wartawan.

“Kalau semua ini selesai, kita akan undang Bapak Presiden (Presiden Joko Widodo) untuk resmikan,” ujar Budi Karya lebih lanjut.

Budi Karya menyebut, kunjungannya ke Bandara Buntu Kunik ini atas perintah Presiden. Karena Presiden Joko Widodo, yang pernah berkunjung ke Toraja pada akhir tahun 2018 yang lalu, ingin agar semua sarana transportasi di daerah tujuan wisata harus segera rampung dan digunakan.

Pantauan karebatoraja.com di lapangan, saat ini progres pembangunan Bandara Buntu Kunik sekitar 90 persen. Pembangunan runway (landasan pacu) sepanjang 1.600 telah selesai dikerjakan. Demikian pula bangunan apron berkapasitas dua pesawat.

Baca Juga  Uji Coba Toraja Airport Sukses, Bupati: Ini Kado Istimewah HUT RI dan HUT Tana Toraja

Bangunan terminal penumpang (kedatangan/keberangkatan) juga hampir selesai. Tinggal sebagian pekerjaan finishing. Pintu gerbang masuk bandara, juga sudah selesai dibangun.

Sementara akses jalan masuk bandara, juga sudah dibangun dan terus diupayakan penyelesaiannya secepat mungkin. Akses jalan masuk bandara ini dibuat dua jalur, masuk dan keluar. Jalan masuk ini dibangun dari jalan poros Makassar-Toraja (Ge’tengan). Proyek jalan masuk bandara ini adalah pekerjaan kroyokan antara pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan pemerintah Kabupaten Tana Toraja. (*)

Penulis: Arsyad Parende
Foto: dok. Eric Masokan Pro

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *