Ada Warga Positif Corona, Pengunjung dan Pembeli Batagor Kang Ujang Rantepao Diminta Periksa Kesehatan

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Masyarakat yang pernah berkunjung atau membeli makanan di Warung Batagor Kang Ujang Rantepao diminta untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat atau melakukan rapid test.

Warga yang diminta memeriksa kesehatan itu terutama yang membeli makanan atau berkunjung ke warung tersebut dari tanggal 16-22 Juli 2020.

Bacaan Lainnya

Hal itu diminta oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, Elisabeth Zakaria, setelah mengetahui hasil tes Swab salah satu orang di warung tersebut positif Covid-19.

“Kepada masyarakat diinformasikan bahwa siapa yang pernah datang belanja atau makan enam hari sebelumnya, segera ke Puskesmas untuk memeriksakan diri di sana,” ujar Elisabeth, Rabu, 22 Juli 2020.

Baca Juga  TERBARU: Dua dari Tiga Pasien Positif Covid-19 di Tana Toraja Dinyatakan Sembuh

“Supaya kami bisa melacak siapa saja masyarakat yang pernah kontak langsung dengan salah satu orang yang positif Covid-19 di warung itu,” katanya lebih lanjut.

Elisabeth menjelaskan, seseorang di warung Batagor Mang Ujang diketahui baru datang dari Brebes, Jawa Tengah, pada 16 Juni 2020. Saat hendak melakukan perjalanan ke Toraja Utara, yang bersangkutan sudah melakukan rapid test dan hasilnya non reaktif.

“Tapi tiga hari lalu dia berencana mau keluar Toraja Utara. Kemudian dia pergi rapid test dan hasilnya reaktif. Langsung dilakukan Swab dan hasilnya positif,” terang Elisabeth.

Positifnya pasien ini diketahui berdasarkan tes cepat molekuler (TCM) di RSUD Lakipadada Tana Toraja. Pasien diketahui pernah melakukan rapid tes bersama enam orang lainnya di RSUD Lakipadada. Dari tujuh orang yang melakukan rapid test, dua diantaranya reaktif. Namun setelah di-Swab, hanya satu orang yang positif Covid-19.

Baca Juga  Hasil Swab 1 PDP dan OTG Negatif, Toraja Utara Tetap Zero Kasus Positif Corona

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percapatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang, mengakui bahwa per hari ini, 22 Juli 2020, warga Toraja Utara yang positif terpapar Covid-19 bertambah satu orang. Pasien itu berasal dari wilayah kerja Puskesmas Rantepao.

“Bertambah satu orang lagi hari ini. Sedangkan delapan orang lainnya, yang sebelumnya dinyatakan positif Corona, kini sudah sembuh,” ungkap Yaya.

Dia mengatakan, saat ini, pasien 10 Toraja Utara ini masih diisolasi di RSUD Lakipadada dan rencananya akan diberangkatkan ke Makassar untuk menjalani wisata Covid-19 yang merupakan program Pemprov Sulsel.

Kepada masyarakat yang pernah berinteraksi dengan pasien diminta untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Atau melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Baca Juga  Keluarga Pacar Pasien Positif Covid-19 Toraja Utara Bantah Kabar Hoax

“Dan jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan, seperti selalu pakai masker, tidak berkerumun, rajin cucu tangan, dan selalu menjaga jarak aman, minimal satu meter. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toraja Utara, Elisabeth Zakaria memberikan penjelasan kepada warga dan tetangga warung Batagor Kang Ujang di Kelurahan Malango’, Kecamatan Rantepao, terkait status pemilik warung tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *