8 Objek Wisata di Toraja Utara Resmi Dibuka Kembali

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, KAPALA PITU — Pemerintah Kabupaten Toraja Utara akhirnya membuka kembali sejumlah objek wisata di wilayahnya, setelah ditutup sementara sejak 23 Maret 2020 akibat pandemi Covid-19.

Namun pembukaan atau pelonggaran secara terbatas baru diterapkan di 8 objek wisata dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Bacaan Lainnya

Pencanangan penerapan New Normal di 8 objek wisata itu dilakukan secara simbolis oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dan Forkopimda Toraja Utara di objek wisata To’Tombi, Kecamatan Kapala Pitu, Sabtu, 11 Juli 2020. Dihadiri Kadis Pariwisata Toraja Utara, Yorry Lesawengen dan para pengurus objek wisata yang dibuka.

Delapan objek wisata yang diberi pelonggaran secara terbatas itu, masing-masing To’Tombi’, Tongkonan Lempe, Ke’te Kesu’, Londa, Palawa’, Kalimbuang Bori’, Salib Singki’, dan objek wisata kolam alam Limbong.

Pencanangan penerapan New Normal di objek wisata itu ditandai dengan pelaksanaan protokol kesehatan di objek wisata oleh Bupati dan semua unsur Forkopimda yang hadir. Bupati dan Forkopimda memasuki kawasan objek wisata, kemudian mencuci tangan, memeriksa suhu tubuh, dan memantau penerapan New Normal di area objek wisata.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, dalam amanatnya mengingatkan agar pengelola dan pengunjung harus benar-benar patuh terhadap protokol kesehatan. Memakai masker, cuci tangan, tes suhu tubuh, dan menjaga jarak aman.

Bupati juga mengingatkan kepada para pemilik objek wisata agar membuat SOP pelaksanaan New Normal di objek wisata dalam bentuk baligho yang dipasang di tempat yang mudah dilihat oleh pengunjung.

“Kemudian, karena ini pelonggaran secara terbatas maka jumlah pengunjung juga mesti dibatasi maksimal 50% dari kapasitas objek wisata,” tegas Kalatiku.

Kalatiku juga menitipkan pesan kepada pemilik objek wisata untuk secara tegas menerapkan protokol kesehatan serta melakukan sosialisasi dan edukasi terhadap setiap pengunjung terkait penerapan New Normal di objek wisata.

“Toilet itu harus selalu bersih. Kemudian, pemilik objek wisata mesti menyediakan masker cadangan. Kalau ada pengunjung yang lupa bahwa masker atau jatuh, maka diberikan masker cadangan itu,” Kalatiku mengingatkan. (*)

Penulis: Desianti
Foto: Pencanangan New Normal pada 8 Objek Wisata di Toraja Utara yang dipusatkan di objek wisata To’Tombi, Sabtu, 11 Juli 2020.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *