66 Narapidana di Rutan kelas IIB Makale Dapat Remisi Kemerdekaan

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Sebanyak 66 dari total 137 narapidana Rutan Kelas IIB Makale menerima remisi umum dari Kementerian Hukum dan HAM, Jumat, 17 Agustus 2018.

Remisi (pengurangan masa hukuman) ini diberikan pada upacara peringatan HUT RI Ke 73 di Rutan Kelas IIB Makale yang dipimpin Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara selaku Inspektur upacara.

Bacaan Lainnya

Dari 66 Narapidana yang menerima remisi, masing-masing 25 narapidana menerima remisi selama 1 bulan, 18 narapidana menerima 2 bulan remisi, 14 narapidana menerima remisi 3 bulan, 4 narapidana menerima remiai 4 bulan, dan 5 narapidana menerima remisi 5 bulan.

Baca Juga  Panitia 100 Tahun Injil Masuk Kasimpo Deklarasikan Cinta Lingkungan

Pada peringatan HUT RI Ke 73 ini, 6 Narapidana dinyatakan bebas dengan rincian 2 narapidana bebas karena habis masa tahanan, 2 bebas bersyarat, dan 2 bebas langsung karena remisi.

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly mengatakan Remisi adalah bentuk apresiasi Pemerintah kepada warga binaan lembaga pemasyarakatan yang telah mengikuti pembinaan dengan baik.

“Remisi adalah hak yang telah diatur secara legal formal dalam pasal 14 ayat 1 UU No 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. Remiai adalah salah satu sarana mewujudkan sistem pemasyarakatan. Remisi sebagai wujud apresiasi pencapaian perbaikan diri yang tercermin dari sikap perilaku sehari-hari. Remisi juga adalah instrumen untuk memberikan stimulus pada narapidana untuk selalu berkelakuan baik,” katanya. (Arsyad Parende)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *