626 Warga Sudah Jalani Rapid Test Gratis dari Pemkab Tana Toraja

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, MAKALE — Sebanyak 626 warga Kabupaten Tana Toraja dari berbagai elemen telah menjalani rapid test massal gratis dari pemerintah kabupaten melalui Satgas Covid-19.

Terkini, Rabu, 3 Juni 2020, sebanyak 307 pedagang pasar dan sopir angkutan umum menjalani rapid test di beberapa lokasi, seperti di Terminal Makale, Pasar Makale, Pasar Rembon, Pasar Rantetayo, Pasar Ge’tengan, dan Pasar Buntu Kunyi’.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Satgas Covid-19 Kabupaten Tana Toraja juga melaksanakan rapid test terhadap 103 Kepala Lembang dan Lurah, Pengawas Sekolah sebanyak 30 orang, dan 186 rohaniwan.

Baca Juga  Wabup Tana Toraja Turun Tangan, Salubarani Kembali Aman

“Rapid test massal gratis ini akan terus kita lakukan untuk para pedagang, sopir angkutan umum, dan elemen lainnya yang dianggap rentan terpapar Covid-19. Pedagang di pasar-pasar lainnya yang ada di beberapa wilayah kecamatan masih menunggu jadwal untuk Rapid Test dari Tim Satgas Covid-19 Tana Toraja,” terang Juru Bicara Media Centre Satgas Covid-19 Kabupaten Tana Toraja, Berthy Mangontan.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, yang juga Ketua Satgas Covid-19 mengatakan rapid test massal untuk para pelaku usaha ini dilakukan dalam rangka deteksi dini penyebaran virus Corona terhadap mereka yang berprofesi rentan tertular.

“Demi memutus mata rantai penyebaran virus Corona melalui deteksi dini bagi pelaku usaha yang dianggap rentan tertular maka program rapid test massal ini tidak dibebankan biaya,” ujar Nicodemus.

Baca Juga  Puluhan Kendaraan Diminta Balik Arah di Perbatasan Salubarani

Sementara itu untuk masyarakat umum, kata dia, belum diprogramkan karena keterbatasan alat rapid test.

Nicodemus menyebut, selain kepada para pelaku usaha, rapid test juga diperuntukkan bagi para Kepala Lembang/Lurah, Pengawas Sekolah, dan Rohaniwan, serta pemilik rumah makan/cafe yang dianggap termasuk dalam kategori yang banyak bersentuhan dengan orang banyak.

Penulis: Arsyad Parende
Foto: dok. Media Center Satgas Covid-19 Kabupaten Tana Toraja

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *