6 Hari Zero, Toraja Utara Kembali Umumkan 2 Kasus Positif Corona

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO — Kurang lebih enam hari tidak ada kasus baru; setelah 10 pasien yang dirawat dinyatakan sembuh semua pada 1 Agustus 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Toraja Utara kembali mengumumkan dua kasus baru, pada Jumat, 7 Agustus 2020 malam.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang, dalam siaran pers, mengatakan dua kasus baru terkonfirmasi positif Corona ditemukan di Kelurahan Pangli, Kecamatan Sesean dan Kelurahan Langtanduk, Kecamatan Rantepao.

Bacaan Lainnya

Baca Juga  Khawatir karena Pernah Berinteraksi dengan Wabup? Begini Penjelasan Direktur RSUD Lakipadada

Kedua warga ini terkonfirmasi positif berdasarkan uji Swab dengan metode Tes Cepat Molekular (TCM) di RSUD Lakipadada dan uji Swab PCR Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Yaya menjelaskan, kasus 12 adalah seorang laki-laki berusia 54 tahun, berdomisili di Kelurahan Pangli, Kecamatan Sesean. “Pasien memiliki riwayat perjalanan dari Papua dan Makassar,” kata Yaya.

Sedangkan kasus 13, adalah wanita, usia 23 tahun, tinggal di Kelurahan Langtanduk  Kecamatan Rantepao. Namun pasien ini memiliki Kartu Tanda Penduduk Kalimantan Timur.

“Kedua warga ini tanpa gejala dan saat ini sementara menyelesaikan Karantina di unit isolasi RSUD Pongtiku,” terang Yaya.

Dengan bertambahnya dua kasus baru ini, jumlah warga Toraja Utara yang dinyatakan positif terpapar virus Corona sebanyak 13 orang. Dari jumlah ini, 10 orang sudah sembuh, 1 meninggal dunia, dan 2 orang masih diisolasi.

Baca Juga  Positif Covid-19 Meningkat, Pasar di Tana Toraja Kembali Perketat Protokol Kesehatan

“Dengan bertambahnya dua kasus ini, GTPP Covid-19 Toraja Utara mengajak masyarakat agar mari bersama putus mata rantai  penyebaran virus Covid-19 dengan  disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin menggunakan masker, menjaga jarak aman minimal 1 meter, mencuci tangan  teratur dengan sabun ,  tidak berkerumun , meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi, serta vitamin,” pinta Yaya. (*)

Penulis: Arthur
Foto: Data hasil monitoring dan deteksi dini penanganan Covid-19 di Kabupaten Toraja Utara. Update Jumat, 7 Agustus 2020 pukul 14.00 Wita.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *