5 Anggota Keluarga Tukang Bakso yang Meninggal di Rantepao, Positif Corona

  • Whatsapp

KAREBATORAJA.COM, RANTEPAO —  Lima anggota keluarga KO, penjual bakso keliling di Kota Rantepao, yang meninggal dunia, Minggu, 13 September 2020, dinyatakan positif Covid-19.

Sebelumnya, KO yang sempat dirawat sekitar dua jam di RSUD Lakipadada Makale meninggal dunia dan dinyatakan positif Corona.

Bacaan Lainnya

Usai jenazah KO, 53 tahun, dimakamkan dengan protokol Covid-19 di TPU Buntu Lepong, Batuleleng, Rantepao, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toraja Utara melakukan penelusuran (tracking) terhadap orang-orang dekat dan pernah kontak dengan KO.

“Hasil penelusuran (tracking) tim GTPP Covid-19 Toraja Utara, ada 5 warga Rantepao yang adalah kontak erat dengan pasien ke-23 yang meninggal dunia pada Minggu, 13 September 2020 lalu,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Toraja Utara, Anugerah Yaya Rundupadang, Minggu, 20 September 2020.

Kelima anggota keluarga KO tersebut, masing-masing:

  1. Wanita berusia 62 tahun ber-KTP Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah
  2. Wanita berusia 49 tahun ber-KTP Toraja Utara
  3. Wanita berusia 43 tahun ber-KTP Toraja Utara
  4. Laki-laki berusia 25 tahun ber-KTP Toraja Utara
  5. Laki-laki berusia 55 tahun ber-KTP Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah.

“GTPP Covid-19 Toraja Utara melakukan penelusuran dan menemukan ada dua pasien yang diketahui pernah melakukan perjalanan dari daerah zona merah,” terang Yaya lebih lanjut.

Kelima pasien positif Covid-19 warga Jalan Mongonsidi, Kelurahan Malango, Kecamatan Rantepao itu terkonfirmasi positif hasil Swab PCR Balai Besar Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel di Makassar.

“Pasien positif yang kesemuanya satu rumah itu sudah mengikuti wisata Covid-19 program Pemprov Sulsel di salah satu hotel di Makassar dan diberangkatkan tim Satgas, Sabtu, 19 September 2020,” kata Yaya.

GTPP, lanjut Yaya, menyampaikan kepada masyarakat yang merasa pernah kontak dengan kelima pasien agar menghubungi Satgas atau Puskesmas terdekat.

Dari data Diskominfo-SP Toraja Utara adanya pertambahan kasus warga terkena Covid-19 di Toraja Utara sudah 29 kasus (pasien), sesuai data dari 29 kasus itu sudah sembuh 20 orang, menjalani karantina 7 orang dan meninggal dunia dua orang.

Informasi bertambahnya kasus positif Covid-19 di Toraja Utara maka, Pemkab mengimbau kepada masyarakat agar bersama memutus mata rantai penyebaran virus Corona dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan dengan cara membatasi aktivitas ke luar rumah, memakai masker saat keluar rumah dengan cara benar dan tidak berkerumun.

Selalu mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak (physical distancing), meningkatkan imun tubuh dengan berolahraga serta mengkonsumsi vitamin dan makanan bergizi. (*)

Penulis: Desianti
FOTO: Lima warga Toraja Utara yang dinyatakan positif Covid-19 menjalani isolasi atau “wisata Covid-19” di Hotel Almadera Makassar (dok. Ferry)

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *