Home » EKOBIS » Wow, PLTS Seharga Rp35,5 Milyar Hadir di Mappak
Ini bangunan PLTS Terpusat yang berada di Lembang Balepe' Kecamatan Malimbong Balepe', Tana Toraja.

Wow, PLTS Seharga Rp35,5 Milyar Hadir di Mappak

MAKALE — Permasalahan kekurangan energi listrik yang selama ini melanda beberapa kecamatan di wilayah barat Tana Toraja, kelihatan akan sedikit teratasi. Setidaknya untuk masyarakat di beberapa lembang di kecamatan Mappak dan kecamatan Malimbong Balepe.

Hal ini dimungkinkan karena pada saat ini sudah hadir pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat, yang terletak di beberapa lembang di Kecamatan Mappak dan Kecamatan Malimbong Balepe. PLTS terpusat yang menghabiskan anggaran Rp35,5 milyar dari APBN ini bisa menghasilkan daya listrik sebesar 50 kwh per lembang.

Peralatan yang cukup canggih yang mendukung kinerja PLTS terpusat di Kecamatan Malimbong Balepe’

“Dengan daya listrik sebesar ini, hampir semua penduduk di satu lembang bisa terlayani listrik,” ungkap Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Tana Toraja, Yohanis Kundang, kepada karebatoraja.com, Rabu malam, 21 Desember.

Lembang-lembang yang mendapat PLTS terpusat ini, diantaranya Lembang Kondodewata, Tanete, Butang, Mialo, Sangpeparikan, dan Lembang Dewata di Kecamatan Mappak. Satu Lembang lainnya, yakni Lembang Belepe’ di Kecamatan Malimbong Balepe’.

Pengecekkan akhir PLTS Terpusat oleh Dinas Pertambangan dan Energi Tana Toraja.

“Listrik yang dihasilkan PLTS ini diperoleh secara cuma-cuma oleh warga, tidak dibayar. PLTS ini sudah diserahkan pemerintah pusat ke pemerintah kabupaten Tana Toraja, untuk selanjutnya diserahkan kepada pemerintah lembang setempat,” kata Yohanis.

Yohanis menyebut, PLTS Terpusat ini merupakan kado perpisahan terindah dari Dinas Pertambangan dan Energi kepada masyarakat Tana Toraja, karena mulai tahun depan, dinas ini sudah tidak ada lagi di kabupaten dan melebur ke provinsi. (Arthur)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*