Home » HEADLINE » UPDATE LONGSOR SEREALE: 153 Warga Mengungsi, Kerusakan Sawah Meluas
Lahan sawah milik warga Tikala yang tertimbun material longsor. (foto: Jotar)

UPDATE LONGSOR SEREALE: 153 Warga Mengungsi, Kerusakan Sawah Meluas

KAREBA TORAYA — Musibah tanah longsor dan banjir bandang yang melanda wilayah Lembang Sereale, Kecamatan Tikala, Toraja Utara, sejak Kamis, 27 Oktober 2016, menyebabkan beberapa warga kehilangan tempat tinggal dan harta benda. Hujan yang terus turun di wilayah itu, hingga Jumat malam, 29 Oktober, menyebabkan kerusakan area persawahan makin meluas.

Pantauan Karebatoraja.com pada Jumat malam, 29 Oktober, situasi gelap gulita karena aliran listrik ke wilayah ini sengaja diputuskan. Warga pun harus menggunakan penerangan seadanya. Hujan deras yang terus mengguyur, membuat warga khawatir dan ketakutan. Hampir semua rumah di sekitar daerah Pengairan (lokasi longsor terparah) meninggalkan rumah dan mengungsi ke rumah kerabat atau keluarga yang lebih aman.

Menurut catatan, sampai saat ini sudah ada 42 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 153, mengungsi. Tiga unit rumah milik warga rusak berat diterjang material longsor. Dua unit kendaraan roda empat milik warga, juga rusak berat. Belum terhitung hewan peliharaan.

Y. Tandiseru, warga setempat, menuturkan saat ini warga hidup dalam ketakutan dan kekhawatiran akan ada longsor susulan, apalagi hujan terus turun tanpa henti. Luas area persawahan yang rusak makin bertambah.

“Kemarin hanya sisi kanan sungai saja yang rusak diterjang air, sekarang sisi kirinya juga rusak, karena volume air yang sangat besar,” tutur Tandiseru.

Pada Jumat, 29 Oktober kemarin, Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara, Kalatiku Pembonan dan Yosia Rinto Kadang, sudah mendatangi lokasi bencana untuk menghibur warga dan memberikan bantuan tanggap darurat. Dua unit alat berat jenis eskavator juga ada di lokasi membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan poros Tikala-Batutumonga. (Arsyad Parende)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*