Home » HUKUM & KRIMINAL » Tersinggung Disebut “Pa’boko”, Paman Tebas Ponakan Hingga Tewas
Warga dibantu aparat menurunkan korban Rosa Banne untuk dibawa ke rumah sakit. Namun nyawa korban tidak tertolong.

Tersinggung Disebut “Pa’boko”, Paman Tebas Ponakan Hingga Tewas

KAREBA TORAYA — Tersinggung dikata-katai sebagai pencuri (pa’boko: bahasa daerah), Agustinus, 47 tahun, menebas ponakannya, Rosa Banne, hingga lehernya nyaris putus.

Suasana gotong-royong membuat pondok (lantang) untuk upacara Rambu Solo’ di Kampung Saruran, Lembang Nanna, Kecamatan Nanggala, Toraja Utara, Senin, 5 Desember 2016, berubah menjadi isak tangis dan umpatan. Sebabnya, saat penduduk kampung tengah bekerja bersama-sama membangun pondok, salah satu anggota keluarga, Agustinus, malah membunuh keponakannya sendiri, Rosa Banne, hingga tewas.

Peristiwa pembunuhan berlangsung cukup singkat. Pada Senin pagi menjelang siang, korban, Rosa Banne, bersama beberapa wanita lainnya sedang memasak di dapur umum, untuk memberi makan penduduk kampung yang sedang mengerjakan pondok-pondok untuk keperluan pelaksanaan upacara Rambu Solo’. Tiba-tiba, pelaku Agustinus, yang tidak lain adalah paman korban, masuk ke dapur. Tanpa ba bi bu, Agustinus langsung menghunus parang yang dia bawa dan menebas leher korban. Kejadian yang tiba-tiba itu membuat para wanita yang ada di dapur histeris.

Informasi yang dihimpun karebatoraja.com dari warga setempat, usai menebas korban Rosa Banne, Agustinus berjalan keluar dan mencoba melarikan diri. Tetapi warga menahannya dan menyerahkan kepada aparat kepolisian.

Sedangkan korban dibawa warga ke rumah sakit Elim Rantepao untuk mendapatkan pertolongan medis. Namun, nyawa ibu dua anak ini tidak bisa tertolong.

“Mendapat laporan warga, anggota langsung turun ke TKP (tempat kejadian perkara) dan menolong korban serta mengamankan pelaku. Keterangan sementara, aksi itu dilakukan spontan, karena konon pelaku dikata-katai sebagai pencuri,” ungkap Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tana Toraja, AKP Matius Tappi.

Saat ini, pelaku sudah diamankan polisi dan ditahan di sel tahanan Mapolres Tana Toraja untuk diproses hukum lebih lanjut. (Herson)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*