Home » BUDAYA » Ternyata Wabup Toraja Utara Cukup Pandai Membatik
Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ikut membatik bersama puluhan peserta lomba membatik di Art Centre Rantepao, Kamis siang tadi.

Ternyata Wabup Toraja Utara Cukup Pandai Membatik

KAREBA TORAYA — Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, ternyata tidak hanya ahli konstruksi. Dia juga cukup pandai melukis kain batik.

Hal itu terlihat pada pembukaan Lomba Membatik tingkat SD, SMP, dan SMA se Kabupaten Toraja Utara, yang digelar di Art Centre Rantepao, Kamis, 1 September 2016. Usai membuka secara resmi acara itu, Rinto, sapaan akrab Yosia Rinto Kadang, didampingi Asisten I Setda Toraja Utara, Rede Roni, ikut membatik bersama puluhan siswa yang terlibat dalam kegiatan itu. Hasilnya, ternyata cukup bagus. Rinto melukis batik bermotif Toraja.

Batik 1

Ketua panitia, Lukman, mengatakan lomba membatik ini diselenggarakan oleh Yayasan Kampung Wisata Karassik Hill dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71.

Lomba ini, kata Lukman, dilaksanakan dengan tujuan untuk mengangkat kembali budaya Toraja, khususnya batik Toraja yang sudah mulai punah.

Menurut Lukman, batik Toraja sudah dikenal sejak lama, bahkan merupakan batik tertua di Indonesia. Pada zaman dahulu, batik Toraja dikenal dengan nama ma’ag, lotong boko’ dan sarita.

“Batik Toraja ini merupakan batik tertua di Indonesia, dan sudah ada sejak zaman kuno. Ini berdasarkan kajian mitologi maupun ilmiah. Batik sudah digunakan masyrakat Toraja sejak zaman dahulu namun dahulu batik lebih banyak digunakan sebagai aksesoris dalam prosesi budaya,” jelas Lukman, yang juga pengelola Karassik Hill ini.

Lukman menyayangkan generasi sekarang sudah banyak yang tidak memahami batik Toraja, padahal banyak produk-produk serupa namun merupakan produk dari luar. Dia berharap dengan adanya lomba ini bisa menjadi pemicu bagi generasi muda Toraja untuk terus melestarikan budaya membatik. (herson)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*