Home » HEADLINE » SMK Negeri 1 Makale Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2016
Kepala SMKN 1 Makale, Daniel Kabanga, menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Jakarta, beberapa waktu lalu.

SMK Negeri 1 Makale Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2016

RANTELEMO  — Keluarga besar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Makale mendapat kado akhir tahun yang luar biasa berupa penghargaan Adiwiyata dari Kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan serta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih, dan indah.

Sedangkan Adiwiyata adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Kepala SMK Negeri 1 Makale, Daniel Paberu Kabanga, kepada karebatoraja.com, mengungkapkan penghargaan yang diterima akan membuat SMK Negeri 1 Makale terus memacu diri untuk menjadi sekolah ini menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri dengan meningkatkan kesadaran semua warga untuk peduli lingkungan.

Kepala SMKN 1 Makale, Daniel Kabanga menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata 2016 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Kami juga akan meningkatkan sarana dan prasarana serta menjadikan SMK Negeri 1 Makale sebagai media pembelajaran lingkungan hidup bagi warga sekitar maupun masyarakat pada umumnya,” kata Daniel.

Daniel menjelaskan, saat ini di SMK Negeri 1 Makale ada jurusan atau kelompok bidang rekayasa dan teknologi. Di sini pihak sekolah berupaya membuat dan menciptakan teknologi yang ramah lingkungan. Idealnya adalah ada keseimbangan antara kemajuan teknologi dan pelestarian lingkungan hidup.

Selain SMK Negeri 1 Makale, ada 26 SMK lainnya dari seluruh Indonesia yang menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata tahun 2016.

Sebelumnya, pemerintah kabupaten Tana Toraja mengajukan tiga sekolah menengah atas dan kejuruan dalam lomba Sekolah Adiwiyata tingkat nasional tahun 2016. Ketiga sekolah tersebut, masing-masing SMK Negeri 1 Makale, SMA Negeri 1 Makale, dan SMA Negeri 1 Saluputti. (Jufri Tonapa)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*