Home » BUDAYA » Seniman Toraja Diminta Partisipasinya dalam Festival Kandian Dulang
Ini kemeriahan Festival Kandian Dulang tahun lalu, yang disaksikan ribuan warga dan wisatawan. Tahun ini, festival ini akan kembali digelar dan diharapkan keterlibatan aktif para pelaku maupun pecinta seni budaya Toraja

Seniman Toraja Diminta Partisipasinya dalam Festival Kandian Dulang

KAREBA TORAYA — Setelah sukses tahun lalu, Festival Kandian Dulang, akan kembali digelar tahun ini. Menurut rencana, festival budaya yang dipusatkan di tugu Kandian Dulang (pusat kota Rantepao) ini, akan digelar pada pekan kedua September mendatang.

Untuk menyukseskan festival ini, para penggagas meminta partisipasi dan keterlibatan para pemerhati budaya dan pariwisata untuk ikut terlibat. Sebab, festival Kandian Dulang ini murni diselenggarakan untuk menggali dan mengangkat kembali seni budaya Toraja, terutama seni budaya yang sudah sangat jarang terlihat atau ditampilkan masyarakat.

 

BACA JUGA: http://karebatoraja.com/hut-kabupaten-pemda-tana-toraja-gelar-pesta-rakyat/

 

“Kita harapkan para seniman, pelaku wisata, maupun masyarakat pecinta seni budaya untuk terlibat,” ungkap salah satu penggagas Festival Kandian Dulang, Brikken Linde Bonting, kepada Karebatoraja.com di Rantepao, Rabu, 24 Agustus.

Brikken mengatakan, Festival Kandian Dulang, diselenggarakan karena kepedulian generasi muda Toraja akan seni budayanya, sehingga karya-karya seni peninggalan nenek moyang tidak lekang oleh waktu dan zaman. Dia berharap ada kesadaran komunal dari masyarakat Toraja untuk mendukung dan berpartisipasi dalam festival ini.

“Tujuan kita agar seni budaya kita yang luar biasa ini bisa lestari dan bisa dipelihara, dipertahankan, dan dilanjutkan oleh generasi muda. Untuk itu, kami mohon kesediaan para pelaku seni dan budaya dari seluruh Toraja ini untuk ikut ambil bagian. Ini demi kelangsungan seni budaya kita,” tambah Rizal Rahim, penggagas Festival Kandian Dulang lainnya. (art/htp)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*