Home » HUKUM & KRIMINAL » Samsat Tana Toraja Galakan Pemberantasan Pungli
Kanit Regident Polres Tana Toraja, Iptu Muh. Ali

Samsat Tana Toraja Galakan Pemberantasan Pungli

KAREBA TORAYA — Upaya pemerintah pusat menggalakkan pemberantasan pungutan liar (pungli) disambut baik oleh pimpinan dan para pegawai di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Tana Toraja.

“Itu perintah Bapak Presiden. Saya jamin tidak ada pungli di lingkup kantor Samsat Tana Toraja,” tegas Kanit Regident Polres Tana Toraja, Iptu Muh. Ali.

Muh Ali menyatakan semua instansi pemerintah harus mendukung program pemerintah demi kebaikan bersama. Semua prosedur pelayanan di kantor Samsat Tana Toraja harus sesuai prosedur yang tertuang dalam Perkot nomor 5 tahun 2012.

Himbauan untuk tidak menggunakan jasa calo yang dipasang di luar dan dalam kantor Samsat Makale.

Himbauan untuk tidak menggunakan jasa calo yang dipasang di luar dan dalam kantor Samsat Makale.

Pembayaran pajak pun harus sesuai notes yang tertera dalam BPKB/STNK. Proses Pelayanan pengurusan STNK, BPKB, dan Pajak kendaraan di kantor Samsat Tana Toraja langsung diawasi oleh anggota Provos Polres Tana Toraja. Penempatan anggota Provos ini untuk menghindari praktik percaloan.

“Setiap wajib pajak atau pemilik kendaraan harus melakukan pengurusan langsung ke Samsat tanpa melalui calo,” katanya.

Iptu Muh. Ali, yang baru dua minggu menjabat Kanit Regident Polres Tana Toraja ini, mengatakan pengurusan dokumen kendaraan tidak membutuhkan waktu lama. “Paling tiga menit selesai sehingga Samsat Tana Toraja pun sudah mulai menggunakan sistem One Day Service atau pengurusan dalam waktu satu hari,” jelasnya.

Mantan Kanit Regident Polres Enrekang ini juga gencar mensosialisasikan himbauan bebas pungli berupa banner dan spanduk yang dipasang di tempat umum dan tempat pelayanan yang mudah dibaca oleh masyarakat (wajib pajak). Dalam setiap kesempatan, seperti apel pagi Iptu Muh. Ali selalu menghimbau personil petugas pelayanan Samsat Tana Toraja untuk bebas dari praktek pungli.

“Setiap kelemahan dan keluhan yang masuk dari masyarakat harus segera ditangani,” pungkasnya. (Arsyad Parende)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*