Home » BUDAYA » Ramaikan Lovely December, Istri Bupati Ikut Lomba Melendong
Istri bupati Tana Toraja, Rospita Napa Biringkanae, berteriak kegirangan saat berhasil menangkap ikan pada acara lomba mebale dan melendong dalam rangkaian Lovely December di Makale, siang tadi. (foto: Ely Bernard)

Ramaikan Lovely December, Istri Bupati Ikut Lomba Melendong

MAKALE — Istri Bupati Tana Toraja, Rospita Napa Biringkanae, menjadi salah satu peserta lomba mebale dan melendong (bahasa Indonesia: menangkap ikan dan belut), dalam rangkaian Lovely December, yang berlangsung di Kawasan Wisata Astrini, Mendetek, kecamatan Makale Utara, Senin, 19 Desember 2016.

Selain Rospita, anggota DPRD Tana Toraja, Beatrix Palamba’, serta ratusan warga sekitar, juga ikut meramaikan lomba yang berlangsung sekitar tiga jam tersebut. Lomba melendong dan mebale ini merupakan atraksi yang bersifat tradisional dan mengedepankan nuansa kearifan lokal.

Lomba mebale dan melendong, yang dalam bahasa Indonesia diartikan Lomba Tangkap Ikan dan Belut adalah kegiatan tradisional masyarakat Toraja yang bertujuan membangun harmoni tallu lolona, yang berarti membanguna harmoni keterkaitan dan saling ketergantungan antara manusia, hewan, dan tumbuhan.

Dengan bermodalkan alat tangkap ikan tradisional Toraja (tagalak) dan alat penyimpan hasil tangkapan bernama kapilong, ratusan peserta yang tak lain adalah warga dari berbagai kampung di Toraja antusias menangkap dan mengumpulkan ikan dan belut sebanyak banyaknya di sawah yang telah disiapkan.

Kegiatan Lomba Mebale dan Melendong ini diikuti peserta dari berbagai usia, mulai dari anak-anak, dewasa, tua dan muda serta laki-laki maupun perempuan. Selain dengan menggunakan tagalak, sebagian peserta juga menangkap ikan dengan sistem mangromok atau menangkap ikan dengan merabah rabah di air keruh.

Ratusan warga yang meramaikan lomba mebale dan melendong.

Berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan mas, ikan lele, ikan gabus dan belut berhasil ditangkap oleh peserta. Peserta yang paling pertama berhasil menangkap ikan akan keluar sebagai juara. Kategori lain peserta yang mendapat juara adalah peserta dengan tangkapan terbanyak dan peserta yang menangkap ikan yg sudah diberi tanda oleh panitia. Para peserta yang keluar sebagai juara akan mendapatkan hadiah dari panitia.

Plt. Sekda Tana Toraja, Yunus Sirante, selaku ketua panitia dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini adalah bagian daripada komitmen kita mewujudkan Toraja sebagai destinasi wisata yang selalu menjunjung kearifan lokal. Event mebale diharapkan bisa menjadi event tahunan dan event nasional yang bisa menarik wisatawan sebanyak-banyaknya. (Infotorial/Arsyad Parende)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*