Home » WISATA » KULINER » Minum Sarabba Sambil Nikmati Pemandangan Indah, Ini Tempatnya!
Cafe Ba'ba-Ba'ba

Minum Sarabba Sambil Nikmati Pemandangan Indah, Ini Tempatnya!

KAREBA TORAYA — Jika Anda penggemar minuman hangat pengusir dingin khas Sulawesi, Sarabba, Anda mungkin bisa mendapatkannya di belakang pertokoan lama Rantepao, Toraja Utara atau beberapa tempat lain di dalam kompleks pasar Makale.
Namun, pernahkan Anda membayangkan minum Sarabba sambil menikmati pemandangan alam yang indah? Ya, Anda bisa menikmati Sarabba atau Kopi Toraja asli dengan kawan-kawan sambil bercengkarama dan menghabiskan akhir pekan atau hari libur Anda.
Pengunjung Cafe Ba'ba-Ba'ba

Pengunjung Cafe Ba’ba-Ba’ba

Ini dia tempatnya, Cafe Ba’ba-Ba’ba. Letaknya persis di kilometer 17 jalan Poros Makale – Enrekang. Waktu tempuh dari Makale sekitar 45 menit. Di tempat ini, selain sajian Sarabba-nya yang enak, Anda juga bisa menyaksikan pesona alam pedesaan Pa’tengko dan deretan persawahan sekitar Tampo, juga latar gunung Sinaji di kejauhan.
“Asyik aja tempat ini. Buat ngilangin stress dan menghabiskan waktu bersama teman-teman,” ungkap Eny, salah satu pengunjung Cafe Ba’ba-Ba’ba, kepada Karebatoraja.com.
Eny, yang merupakan salah satu mahasiswi perguruan tinggi swasta di Makale, mengatakan dirinya biasa datang bersama teman-temannya untuk menghabiskan akhir pekan di tempat ini. “Kalau malam minggu atau hari Minggu ramai sekali di sini,” katanya. “Banyak juga yang hanya datang untuk selfie-selfie di sini,” sambungnya.
baba-3
Pemilik Cafe Ba’ba-Ba’ba ini adalah Agustinus Massora, akrab disapa Papa Sarto. Inisiatifnya untuk membuka resting di Ba’ba-Ba’ba sekitar tahun 2008 lalu, kini menuai hasil dan berhasil menarik perhatian masyarakat yang sedang melintas di tempat ini. 
“Tempat ini sangat indah pemandangan alamnya sehingga kami berinisiatif membangun tempat peristirahatan dan persinggahan di sini,” ujar Papa Sarto.
Karena penasaran dengan suguhan pemandangannya alamnya, warga yang kebetulan melintas baik yang berkunjung dari arah Enrekang ke Toraja maupun sebaliknya, selalu menyempatkan diri untuk singga di tempat ini; ada yang singgah untuk beristirahat setelah lelah menempu perjalanan panjang, ada yang sekedar melihat-lihat pemandangan dan berfoto selfy, bahkan ada yang sengaja datang untuk sekedar bersantai menikmati sarabba. Selain ramai didatangi muda mudi tempat ini juga ramai disinggahi para sopir-sopir mobil yang ingin beristirahat dan ngopi. 
Tempat ini biasanya ramai pada jam pulang sekolah sekitar pukul 14.00 wita hingga sore hari ini. Pengunjung bisa menikmati suguhan sara’ba hangat sambil menikmati pemandangan alam sambil duduk di atas pondok-pondok yang sengaja dibuat oleh pengelola tempat ini. Di tempat ini juga menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman serta cemilan. (arsyad parende)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*