Home » BUDAYA » Mestinya Patung Ini yang Ada di Depan BPS Atau Gereja Rantepao
Yacob berfoto di patung misionaris Antoniete van de Loustrect di Bori'

Mestinya Patung Ini yang Ada di Depan BPS Atau Gereja Rantepao

KAREBA TORAYA — Patung misionaris Antoniete van de Loustrect yang berdiri di monumen sekaligus rumah tinggal terakhirnya di  Bori’, kecamatan Sesean, seharusnya berdiri di depan kantor pusat Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja di Rantepao.

“Mengapa bukan patung ini yang dipajang di depan Gereja Elim Rantepao (maksudnya: gereja besar/Gereja Toraja Jemaat Rantepao), mengapa harus patung tedong saleko?” keluh Yacob Karangan, dalam akun facebooknya.

Pertanyaan sekaligus usulan diunggah Yacob bersama fotonya di patung Antoniete van de Loustrect pada Selasa petang, 9 Agustus 2016 itu, mendapat beragam komentar. Rata-rata komentar dari teman-temannya menyatakan setuju.

“Mestinya  ketua sinode dan pak bupati merespon positif usulan itu dan mengganti dengan patung Antonie Aris van de Loosdrecht, misionaris yg membawa Injil masukToraja. Supaya balance di Burake Makale ada patung Yesus dan di Rantepao ada patung Aris Van Loosdrecht,” komentar Mathius Badeng.

“Patung tedong saleko yang ditempatkan di halaman gereja Elim maksudnya Gereja Toraja adalah komunitas orang beriman suku Toraja. Sedangkan kaitannya adalah saleko atau tedong merupakan ciri khas dan simbolik dari suku Toraja. Barangkali begitu,” komentar Matius Rante, teman facebook Yacob yang lain. (htp/citizen reporter)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*