Home » EKOBIS » Lagi, Tim Gabungan Sita Ikan Berformalin
Tim gabungan memeriksa ikan yang dijual pedagang dan menyita tiga boks ikan teri yang diduga mengandung formalin berlebihan.

Lagi, Tim Gabungan Sita Ikan Berformalin

KAREBA TORAYA — Masyarakat Toraja kini harus lebih berhati-hati dan selektif membeli ikan untuk dikonsumsi. Sebab, diduga kuat cukup banyak ikan yang mengandung zat pengawet (formalin) melampaui batas normal yang bisa dikonsumsi tubuh manusia, beredar di Toraja.

Faktanya, setelah sebelumnya Tim Gabungan Pemda Toraja Utara menyita ikan berformalin tinggi di perbatasan kabupaten Toraja Utara dan Kota Palopo (Kaleakan), kemarin, tim gabungan kembali menyita tiga boks dan satu kantong plastik ikan jenis teri dari seorang pedagang di Pasar Bolu, Tallunglipu.

Tiga boks ikan teri itu diamankan karena berdasarkan hasil tes kadar pengawet oleh tim gabungan diketahui produk ini mengandung zat pengawet (formalin) yang melebihi ambang batas yang bisa diterima tubuh manusia. Barang sitaan tersebut kemudian diamankan di Kantor Dinas Pertanian untuk diteliti lebih lanjut.

Asisten II Setda Toraja Utara, Torut Yorry R. Lesawengan, menyatakan tim gabungan yang dibentuk pemerintah kabupaten Toraja Utara memang sedang gencar melakukan operasi makanan berpengawet. Hal ini dilakukan untuk melindungi masyarakat dari kemungkinan mengkonsumsi makanan yang tidak layak bagi tubuh dan kesehatan.

“Pemerintah berkomitmen menjaga dan melindungi masyarakat dari produk makanan, terutama ikan (kering maupun basah) yang mengandung formalin berlebihan,” tegas Yorry.

Dia mengatakan, operasi ini akan terus dilakukan oleh tim gabungan. (Jufri Tonapa)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*