Home » PENDIDIKAN » Kreatif, Siswa SMAN 1 Makale Rancang Pohon Natal dari Sampah
Tim kreatif kelas XII IPS-2 dengan Pohon Natal hasil karyanya yang menjadi juara.

Kreatif, Siswa SMAN 1 Makale Rancang Pohon Natal dari Sampah

KAREBA TORAYA — Desember identik dengan Natal di Toraja. Menyambut momen sukacita umat kristiani tersebut, SMA Negeri 1 Makale, menggelar perlombaan membuat “Pohon Natal” dari bahan bekas (sampah) yang didaur ulang (recycle).

Suasana perlombaan dan penilaian pohon Natal.

Suasana perlombaan dan penilaian pohon Natal.

Lomba yang berlangsung di aula SMAN 1 Makale ini diikuti oleh seluruh kelas yang ada di sekolah tersebut, yakni 30 kelas. Masing-masing kelas merancang pohon Natal sesuai dengan kreatifitasnya masing-masing. Hasilnya, ada 30 pohon Natal yang dihasilkan para siswa sekolah unggulan di Tana Toraja tersebut.

Sayangnya tidak semua menjadi juara, hanya tiga hasil karya terbaik yang mendapat juara. Meski begitu, pihak sekolah dan panitia mengapresiasi semua hasil karya siswa-siswanya ini.

Perwakilan kelas XII IPS-2, menerima piala bergilir perlombaan merakit pohon Natal.

Perwakilan kelas XII IPS-2, menerima piala bergilir perlombaan merakit pohon Natal.

Setelah tim juri melakukan penilaian, pohon Natal terbaik jatuh pada hasil karya kelas XII IPS-2, disusul kelas XII IPA-5, dan juara 3 jatuh ke tangan siswa-siswi XII IPA-4.

Tim juri pendamping Adiwiyata, Marlan, S,PAK, Barnetje Tandirogang , menjelaskan aspek penilaian perlombaan merancang pohon natal yakni aspek keindahan, daya tahan,  penggunaan limbah, kompleksitas, penguasaan bahan, dan materi.

“Kelas XII IPS-2 mendapatkan juara 1 karena tingkat kesulitannya dan berbahan koran.  Bayangkan koran itu digulung menjadi kecil dan dirancang menjadi pohon Natal,” ujar Marlan.

Sementara itu,  Juri perlombaan merancang pohon Natal, Lili’ T. P, menyebutkan pohon Natal yang meraih juara 1 akan dibawa dan dipajang di rumah jabatan bupati Tana Toraja. (Gista)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*