Home » BUDAYA » Jangan Lupa, 17 September Nanti Ada Festival Kandian Dulang di Rantepao
Ini kemeriahan Festival Kandian Dulang tahun lalu, yang disaksikan ribuan warga dan wisatawan. Tahun ini, festival ini akan kembali digelar dan diharapkan keterlibatan aktif para pelaku maupun pecinta seni budaya Toraja

Jangan Lupa, 17 September Nanti Ada Festival Kandian Dulang di Rantepao

KAREBA TORAYA — Kepada segenap masyarakat Toraja dan para wisatawan, ada info menarik dan layak disaksikan ini. Tanggal 17 September 2016 nanti, akan digelar kembali Festival Kandian Dulang, yang dipusatkan di pusat kota Rantepao, tepatnya di sekitar tugu Kandian Dulang.

Ini merupakan pagelaran tahun kedua, setelah berhasil menyedot belasan ribu penonton pada pagelaran tahun lalu. Festival ini digelar atas kerjasama apik antara pemerintah kabupaten Toraja Utara (Dinas Pariwisata dan Budaya) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Toraja Utara.

Menurut jadwal panitia, street festival ini akan dimulai pukul 13.00 Wita. Jalan-jalan poros di sekitar kandian dulang akan ditutup dan lalulintas dialihkan.

Adapun atraksi yang akan ditampilkan adalah beberapa jenis permainan rakyat Toraja, yang saat ini sudah jarang dimainkan lagi oleh anak-anak, diantaranya tekka-tekka (Jawa: engrang), ma’ injak, ma’ yeye, lojo’-lojo’, ma’kadang-kadang, si jengkal dan permainan tradisional rakyat Toraja lainnya.

Selain itu ada pertunjukan beragam kesenian Toraja, juga pameran kerajinan dan kuliner Toraja di sekitar lokasi kegiatan. Group musik andalan anak muda Toraja, Tindoki dan group vokal Barana Choir akan jadi folk song dalam acara ini. Juga akan ditampilkan beberapa kesenian Toraja, diantaranya Manimbong, Ma’daga, Pagellu, Manganda’, Ma’dandan, Ma’lambuk, dan Ma’bugi.

Ketua KNPI Toraja Utara, Brikken Linde Bonting, mengatakan KNPI mendukung penuh kegiatan ini. Dia berharap kerjasama semua pihak agar festival rakyat ini bisa berjalan lancar dan sukses.

“Konsep kegiatannya adalah bagaimana kita membangun kreatifitas anak muda dengan menampilkan dan mereaktualisasikan nilai budaya lewat pementasan seni dan permainan rakyat,” kata Brikken.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai festival ini, hubungi Ketua Panitia Festival Kandian Dulang 2016, Rizal Rahim di nomor 081342471396 atau Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Toraja Utara. (Desianti)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*