Home » HEADLINE » Ini Jumlah Uang yang Harus Disetor Orang Tua Siswa Baru ke Sekolah
ilustrasi

Ini Jumlah Uang yang Harus Disetor Orang Tua Siswa Baru ke Sekolah

KAREBA TORAJA — Sejumlah sekolah menengah negeri di Tana Toraja maupun Toraja Utara memungut biaya sumbangan pendidikan jutaan rupiah dari orang tua siswa baru tahun ajaran 2016/2017. Dengan alasan merupakan sumbangan sukarela, jumlah yang dikumpulkan, jika ditotal mencapai ratusan juta rupiah.

Berikut, nama sekolah dan jumlah sumbangan orang tua siswa baru berdasarkan penelusuran Kareba Toraja:

SMA Negeri 1 Makale, mulai dari Rp500 ribu sampai Rp2 juta, jumlah siswa baru 400 orang.

SMA Negeri 3 Makale, mulai dari 500 ribu sampai Rp2 juta, jumlah siswa baru 256 orang.

SMK Negeri 1 Makale, mulai dari Rp1,5 juta sampai Rp2 juta, jumlah siswa baru 500 orang.

SMA Negeri 1 Rantepao, Rp1,5 juta, jumlah siswa baru 275 orang.

SMA Negeri 2 Rantepao, Rp2 juta, jumlah siswa baru 437 orang.

Jumlah ini belum termasuk uang seragam olahraga dan seragam khusus (batik), iuran OSIS dan iuran/sumbangan bulanan. Juga belum termasuk seragam putih abu dan pramuka yang harus dibeli sendiri oleh orang tua siswa.

Jumlah uang ini, menurut penuturan kepala sekolah maupun komite sekolah, dipungut berdasarkan kesepakatan dengan orang tua siswa baru. Itu itu akan digunakan untuk peningkatan atau pembangunan sarana dan prasarana sekolah. (Arthur)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

11 comments

  1. Sumbangan SUKARELA kok di PATOK jumlahnya????? Piye ikiii??????

  2. Lebih baik dijadikan swasta, kok masyarakat yang mau biayai pembangunan sekolah negeri, apalagi saat ini anggaran pendidikan dalam postur APBN lebih dari 20%, dan perlu dilaporkan ke Kejaksaan untuk diperiksaa penggunaan dana tersebut dari tahun ke tahun.

  3. SMA Neg 1 Sesean di pangli Toraja Utara…juga di pungut 1.5 jt per siswa…jadi tolong di telusuri dana2 ini..thanks

  4. Yosrihard Basongan

    Bpk guru dan ibu2 guru yang terhormat kreatif dikitlah kasihan masyakat dibebani iuran sebesar itu. bisa dibayangkan klau punyak anak yang mau msk sekolah mulai SD, SMP,SMA dengan segala keperluan sekolah yg bersamaan, berapa dana yang harus disediakan. Negara telah menyediakan dana cukup pelaksanaan pendidikan al DANA BOS. Dari PEMDA cukupkanlah itu untuk biaya operasional sekolah, Namax saja BOS jgn digunakan utk kegiatan lain. Jgn pake gaji honor nd yg lainx bpk/ibu guru da cukup kok kesejahtraan guru dri Pemerintah. Klu memang peduli pendidikan masy. Toraja jgn terlalu pikirkan sumbangan, iuran dsbx. Berdayakanlah fasilitas yang ada dengan berkreatifitas sbagai seorang pendidik JbU all.

    • Trims saudaraku,itu memang benar Bukan salah Bpk/ibu guru.kebijakan ttp dari kepsek dan komite..oke

      • Gimana tdk setuju org tua/ wali yg hadir 80% org mampu ….jadi kasihan yg tdk mampu akhirnya manuku2 , org tua yg mampu setuju krn takut anaknya tdk diterima…ngeles aja ini sekolah, dulu sekolah tdk kayak begini…tapi anda bisa sukses jadi guru & kepsek..knapa anda tega sama generasi sekarang? Apakah anda tdk digaji dr rakyat?

    • Betul sex ,klu sy amati rata2 sekrg sekolah terlalu membebani murid org tua pdhal sekolah negeri itu tdk ada yg di katakan biaya ini itulah kapan majunya pendidikan kita klu begini jadinya paling murid2 yg tertentu aja yg bisah

  5. Jika alasan bahwa pembiayaan kurang dalam pengadaan sarana dan pembangunan yg katanya peningkatan kulitas mmh, mmh, ini yg menjadi perhatian pemerintah kita ke depan karena itu perlu need analisys of school disemua tingkatan sekolah sehingga menjadi dasar usulan ke pemerintah sebgai penenangung jawab utama pendidikan setelah itu dishare dgn orang tua siswa dan pihak sekolah yg intinya tidak membebani ortu sukarela berapun tanpa ada jumlah yang dipatok trims berubah utk sejahtera amin

  6. kalo sekolah swasta wajar bapak!!!
    ini namanya pemerasan, kacian tuch orang yg gak mampu.

  7. Kamu jangan terlalu baku tipu rame …
    Itu PUNGLI alias KORUPSI …

  8. Yang mampu terbuka lebar, yg gak mampu tunggu dulu…nasib..nasib

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*