Home » HEADLINE » Ingin Punya DD Cantik, Ini Harganya Sesuai PP 60 Tahun 2016

Ingin Punya DD Cantik, Ini Harganya Sesuai PP 60 Tahun 2016

MAKALE — Pemerintah melalui Kepolisian Republik Indonesia, mengizinkan masyarakat umum memperoleh nomor polisi (biasa disebut DD/DP di Sulsel), menurut permintaan sendiri atau biasa disebut nomor cantik. Namun untuk memperolehnya, pemohon harus merogoh kocek lebih dalam karena tarif “DD Cantik” ini cukup mahal.

Ini setelah pemerintah memberlakukan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 ini akan mulai berlaku pada 6 Januari 2017, besok.

Nomor polisi pilihan adalah angka dan huruf yang dipilih oleh pemilik kendaraan untuk pelat nomor, sesuai keinginan masing-masing. Hal ini biasa dikenal dengan istilah pelat nomor cantik.

Dalam penerapannya, nomor polisi pilihan terbagi menjadi empat kategori, masing-masing kategori berisi dua aturan, yakni dengan huruf dan tanpa huruf di belakang angka.

Empat kategori yang dimaksud yakni satu nomor, dua nomor, tiga nomor, dan empat nomor. Biaya untuk setiap kategori berbeda, makin sedikit angkanya makin mahal.

Berikut daftar harga nomor DD Cantik, sesuai PP Nomor 60 tahun 2016:

  1. Nomor Polisi pilihan 1 angka
    – Tanpa huruf di belakang (kosong/blank): Rp20 juta
    – Ada huruf di belakang angka: Rp15 juta
  2. Nomor Polisi pilihan 2 angka
    – Tanpa huruf di belakang (kosong/blank): Rp15 juta
    – Ada huruf di belakang angka: Rp10 juta
  3. Nomor Polisi pilihan 3 angka
    – Tanpa huruf di belakang (kosong/blank): Rp10 juta
    – Ada huruf di belakang angka: Rp7,5 juta
  4. Nomor Polisi pilihan 4 angka
    – Tanpa huruf di belakang (kosong): Rp7,5 juta
    – Ada huruf di belakang angka: Rp5 juta

Meski begitu, Kepala Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Tana Toraja, Muh. Ali, menyatakan secara teknis pelayanan terhadap permohonan nomor polisi “cantik” ini belum bisa dilaksanakan mulai Jumat, 6 Januari 2017, besok.

“Kami masih menunggu petunjuk dari Korlantas Polri soal nomor polisi khusus ini. Kalau tarif untuk jenis pelayanan yang lain, sudah mulai berlaku besok,” kata Muh. Ali. (Arthur)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*