Home » DIASPORA » Ingat, Akan Ada Pesta Kembang Api di Buntu Singki’ Rantepao
Pesta kembang api yang menandai diresmikannya monumen salib Buntu Singki' Rantepao, akhir Desember 2012 yang lalu. Tahun ini, pesta kembang api kembali diselengarakan di sini.

Ingat, Akan Ada Pesta Kembang Api di Buntu Singki’ Rantepao

RANTEPAO — Tidak menjadi tuan rumah Lovely December bukan berarti tidak ada keramaian dan pesta kembang api di Toraja Utara. Ya, pemerintah kabupaten Toraja Utara bekerja sama dengan beberapa pengusaha kembang api dari Makassar akan menggelar festival, lebih tepatnya pesta, kembang api di Buntu Singki’, Rantepao, pada Jumat malam, 30 Desember 2016, pukul 20.30 Wita hingga selesai.

Pesta kembang api ini dijamin meriah dan langit kota Rantepao bakal dipenuhi dengan kembang api warna-warni. Apalagi, durasi yang dijanjikan panitia, cukup panjang, yakni selama 45 menit non stop. Jadi, warga Toraja Utara, bersiap-siaplah menjadi saksi pesta kembang api sambil menanti tahun berganti.

Tim Kerja Festival Kembang Api Toraja Utara, melaksanakan konferensi pers terkait festival kembang api di Buntu Singki’ di Cafe Sandana Lobo Rantepao, Selasa siang tadi.

Jaminan akan kemeriahan pesta kembang api ini diungkapkan Ketua Tim Kerja Festival Kembang Api Toraja Utara, Rudi Rantepasang, kepada karebatoraja.com, Selasa petang, 27 Desember.

Rudi menjelaskan, Festival Kembang Api ini dilaksanakan di obyek wisata Salib Raksasa Bukit Singki’. Namun pemicunya menggunakan remote control dari Lapangan Bakti Rantepao. Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang, dan tokoh masyarakat Toraja Utara, Frederik Batong, dijadwalkan akan menekan remote control untuk menyalakan kembang api.

“Di Lapangan Bakti juga kita akan siapkan tenda untuk masyarakat yang hendak menyaksikan festival kembang api ini,” kata Rudi.

Rudi menjelaskan, Festival Kembang API ini terselenggara berkat kerjasama lima pengusaha besar Kembang API dari luar toraja yang sangat peduli dengan Toraja dan sangat mendukung untuk diselenggarakannya Festival Kembang Api tersebut di Toraja Utara. Lima perusahaan tersebut, diantaranya Sinar Kembang Api Makasar, CV. Samudra Alam Raya Makasar, Boys Makasar, By.PT.Comindo Antorized Dealer dan Lumbung Celluler Toraja.

“Kegiatan ini yang pertama kali diadakan dengan durasi waktu 45 menit lamanya dengan menggunakan sistem remud kontrol untuk menyalakan kembang api yang ada di atas Bukit Singki dan akan dikendalikan oleh Bupati, Wakil dan Ketua PMTI,” jelas Rudi.

Sebelum festival kembang api, kata Rudi, masyarakat juga akan dihibur oleh penyanyi lokal Toraja.

Rudi juga menambahkan festival ini tidak dibiayai oleh pemerintah, semuanya murni dari bantuan sponsor. Rudi mengatakan, tidak tertutup kemungkinan festival ini akan dijadikan kalender tahunan pariwisata Toraja. (Desianti)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*