Home » DIASPORA » Geppmator Tolak PP 60 Tahun 2016
Salah satu aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Geppmator. Kelompok mahasiswa ini menyatakan menolak PP Nomor 60 Tahun 2016.

Geppmator Tolak PP 60 Tahun 2016

MAKASSAR — Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Pelajar Mahasiswa Toraja (Geppmator) menyatakan menolak dengan tegas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016, tentang Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkup Kepolisian Republik Indonesia, yang mulai diberlakukan hari ini, Jumat, 6 Januari 2017.

Geppmator menilai kebijakan pemerintah ini dilakukan secara terpaksa dan membebani rakyat untuk menyelamatkan pemerintahan Jokowi yang terancam pailit.

Aktivis Geppmator, Lexi Datuan, dalam rilis pernyataan sikap ke redaksi karebatoraja.com, menyebut kebijakan ini hanya akal-akalan pemerintah untuk menutupi defisit anggaran yang dialami pemerintahan Jokowi dan lebih mengarah kepada melegalkan kegiatan pungli.

Melihat kondisi masyarakat Indonesia, khususnya Toraja, masih banyak yang kondisi perekonomian masyarakat yang menengah ke bawah. Justru kebijakan ini sama sekali tidak bisa membantu kondisi masyarakat kelas menengah ke bawah.

“Apabila kebijakan ini tetap diambil oleh pemerintah, maka kami bersama beberapa elemen masyarakat akan melakukan aksi protes besar-besaran,” tegas Lexi.

Untuk diketahui, terdapai kenaikan yang cukup signifikan pada beberapa item pendapatan negara bukan pajak sesuai peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016 ini.  Kenaikan cukup tinggi untuk penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor ke luar daerah. PP terdahulu surat mutasi ke luar daerah hanya Rp 75.000 untuk semua jenis kendaraan, sekarang tarifnya Rp 150.000 untuk kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 serta kendaraan bermotor roda 4 atau lebih mencapai Rp 250.000.

Beberapa jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia meliputi penerimaan dari: Pengujian untuk penerbitan Surat Izin Mengemudi Baru; Penerbitan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi; Penerbitan Surat Keterangan Uji Keterampilan Pengemudi; Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor; Pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor; Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor; Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor; Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor; Penerbitan Surat Mutasi Kendaraan Bermotor ke Luar Daerah; Penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Lintas Batas Negara; Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Lintas Batas Negara; Penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor Pilihan; dan beberapa jenis lainnya. (Arthur)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

One comment

  1. Mahasiswa gagal paham hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*