Home » HEADLINE » Foto Sampah di Objek Wisata Buntu Burake Viral di Medsos Warga Toraja
Foto sampah di obejk wisata Buntu Burake yang jadi viral di media sosial.

Foto Sampah di Objek Wisata Buntu Burake Viral di Medsos Warga Toraja

MAKALE — Entah siapa yang pertama kali mengunggahnya, foto tentang sampah yang berserakan di bawah kaki patung Yesus Memberkati di Buntu Burake, Makale, jadi viral di media sosial warga Toraja.

Foto viral tersebut suasana di sekitar patung Yesus Memberkati di Buntu Burake pada Rabu siang, 4 Januari 2017. Beberapa wisatawan terlihat sedang menikmati pemandangan kota Makale dari Buntu Burake. Beberapa wisatawan lainnya sedang duduk di depan sampah yang berserakan di tanah. Ada bermacam jenis sampah, mulai bungkus cemilan, botol minuman, air mineral, dan beberapa jenis sampah lainnya. Di dekat situ juga nampak batu yang bertumpuk. Kelihatan batu-batu ini akan digunakan dalam proyek peningkatan sarana dan prasarana objek wisata, yang saat ini sedang dikerjakan.

Tracking yang dilakukan redaksi karebatoraja.com, foto viral ini pertama kali diunggah oleh akun facebook milik seorang pengunjung bernama John Lebar. Foto ini diposting John sekitar  pukul 12. Wita dengan judul foto: Sampah di Patung Yesus di Burake, Tana Toraja. John kemudian menambahkan sedikit kalimat sindiran pada postingannya: Kebersihan adalah bagian dari iman.

Foto yang menandai sedikitnya delapan orang temannya itu langsung mendapat respon dari netizen (sebutan untuk pengguna media sosial). Hingga pukul 20.15 Wita, Rabu malam, 4 Januari, foto postingan John ini sudah disukai sebanyak 170 orang. Dibagi sebanyak enam kali dan dikomentari lebih dari 100 orang dengan nada rata-rata menyesalkan keadaan itu.

Foto milik John ini kemudian dibagi oleh netizen ke berbagai group facebook yang dihuni warga Toraja. Di group Toraya Sikamali, foto yang dibagi kembali oleh akun bernama Yudika Cahyadi, sudah dibagikan lagi sebanyak 12 kali. Disukai 185 orang dan dikomentari lebih dari 100 orang.

Di group Karebanta Toraya, foto ini dibagi atau diposting lagi oleh akun milik Jeck Lamba dan mendapat respon yang luar biasa. Rata-rata komentar para netizen sangat menyayangkan perilaku wisatawan yang tidak tertib serta antisipasi pemerintah yang lambat. (Desianti)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*