Home » EKOBIS » Buntu Limbong Siap Jadi Lembang Percontohan Merica
Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, meninjau area pembibitan merica di Lembang Buntu Limbong, belum lama ini

Buntu Limbong Siap Jadi Lembang Percontohan Merica

KAREBA TORAYA — Lembang Buntu Limbong, Kecamatan Gandangbatu Sillanan, siap menjadi lembang percontohan program pengembangan budidaya tanaman merica (lada) di Tana Toraja.

Program pengembangan budidaya tanaman lada ini akan dilakukan bertahap, mulai dari pembibitan hingga penanaman di kebun-kebun petani Lembang Buntu Limbong, akan dibimbing dan didampingi langsung oleh penyuluh pertanian.

Rosmiati, Kepala Lembang Buntu Limbong, mengatakan program pengembangan budidaya tanaman lada ini merupakan salah satu realisasi program prioritas Bupati Tana Toraja di bidang pertanian. Pemilihan Buntu Limbong sebagai Lembang percontohan karena daerah ini memiliki tekstur tanah yang cocok dengan tanaman lada karena lebih berpasir dan subur.

“Sudah banyak petani lada yang sukses dari Lembang Buntu Limbong,” kata Rosmiati.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Gandangbatu Sillanan, beberapa hari lalu, menyempatkan diri meninjau salah satu lokasi pembibitan tanaman lada yang dikelola oleh Gidion M. Ra’bang di Dusun Karangan Lembang Buntu Limbong. Pembibitan milik Gidion ini merupakan satu-satunya pembibitan yang memasok kebutuhan bibit untuk petani lada di Lembang Buntu limbong. Pembibitan seluas 2 are ini mampu menyiapkan 10.000 bibit pohon lada yang nantinya akan dibagi secara gratis kepada warga Lembang Buntu Limbong yang masih memiliki lahan kosong sebagai syarat program ini.

Nicodemus mengatakan sangat berterima kasih atas inisiatif masyarakat Lembang buntu Limbong atas inovasi dan pengembangan pertanian dalam rangka mendorong pertumbuhan perekonomian. Oleh karena itu pemerintah daerah akan memfasilitasi supaya kerja para petani ini lebih berkembang lagi.

Bupati juga meminta Kepala lembang Buntu Limbong untuk terus mendorong warganya sehingga Buntu limbong betul-betul menjadi lembang percontohan dan sumbu ekonomi ke depannya. (arsyad)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*