Home » Breaking News » BREAKING NEWS: Gereja Katolik Sampean Mengkendek Terbakar
Kebakaran hebat melanda gedung gereja Katolik Stasi Santo Stefanus Sampean, Kecamatan Mengkendek, Minggu siang tadi.

BREAKING NEWS: Gereja Katolik Sampean Mengkendek Terbakar

MENGKENDEK — Gereja Katolik Santo Stefanus Sampean, yang terletak di Lembang Ke’pe Tinoring, kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, terbakar. Kebakaran yang menghanguskan hampir semua isi gereja tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 Wita, Minggu, 8 Januari 2017.

Sejumlah saksi mata yang melihat kebakaran tersebut, menyebutkan api mula-mula muncul dari plafon gereja dan merembet ke sejumlah bagian gereja. Angin kencang dan matahari yang sangat terik menyebabkan api begitu cepat meluas dan membakar hampir seluruh isi gereja.

Warga setempat sempat berupaya memadamkan kebakaran dengan peralatan seadanya. Mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Tana Toraja juga sempat membantu memadamkan api. Namun besarnya kobaran api membuat berbagai upaya pemadaman itu sia-sia.

Pastor Paroki Santo Yohanis Rasul Minanga, Pastor Leo Matheus Arruan, menyatakan kebakaran diduga dari hubungan pendek arus listrik. Hampir seluruh isi gereja hangus terbakar. Kerugian akibat kebakaran ini diperkirakan kurang lebih Rp500 juta.

“Dari seluruh fasilitas gereja yang ada, hanya pakaian misa (kasula), piala, dan sibori yang bisa diselamatkan, selebihnya hangus terbakar,” ungkap Pastor Leo.

Mantan Pastor Paroki Rantepao ini lebih lanjut menjelaskan, Gereja Stasi Santo Stefanus Sampean, memiliki jumlah umat sebanyak 128 KK dengan jumlah jiwa sekitar 500 orang. Untuk sementara umat akan membangun tempat ibadah darurat di halaman gereja untuk proses peribadatan.

Saat ini, aparat Kepolisian Sektor Mengkendek masih melakukan olah tempat kejadian perkara untuk menyelidikan sebab kebakaran. Lokasi kebakaran sudah diamankan dengan garis polisi. (Arsyad Parende)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*