Home » OLAH RAGA » Besok Toraja Ultra Scenic Run Digelar, Ini Rutenya
Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, Wakil Bupati, Yosia Rinto Kadang, dan panitia Toraja Ultra Scenic Run 2016, berfoto bersama usai konferensi pers di Hotel Misiliana, Jumat malam. (foto: John T)

Besok Toraja Ultra Scenic Run Digelar, Ini Rutenya

KAREBA TORAYA — Sabtu, 1 Oktober 2016, besok, event promosi wisata dalam bentuk olahraga lari bertaraf internasional, Toraja Ultra Scenic Run 2016, akan digelar. Event ini akan dibuka oleh Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan.

Berdasarkan hasil konferensi pers panitia di Hotel Misiliana, Jumat malam, 30 September 2016, lomba lari ultra scenic yang baru pertama kali digelar di Toraja ini, akan diikuti 250 pelari pada tiga kategori, yakni 27K, 78K, dan 102K.

MASTER PETA final

“Panitia membuka lima kategori, yakni 27k, 50k, 78k, 102k, dan 165k, namun yang peserta hanya mendaftar di tiga kategori, yakni 27k, 78k, dan 102k,” jelas Disyon Toba, Ketua Pelaksana Lomba.

Dijelaskan, rute yang akan dilalui para pelari untuk kategori  102k, start di Misiliana, lalu menuju Dende, Buntu Tagari, Pongko, Baruppu, Pulu-pulu, Sapan, terus ke Batukamban, lalu turun ke Bolu, dan finis di Misiliana. Kategori ini akan digelar pada Sabtu, 1 Oktober 2016, pukul 08.00 Wita.

Untuk kategori 78k, rutenya adalah start di Misiliana, terus ke Dende, Buntu Tagari, Batukamban, Bangkelekila, To’barana, Bolu, dan finis kembali di Misiliana. Kategori ini start pada pukul 00.01 Wita, Minggu, 2 Oktober 2016.

Sedangkan kategori 27k, rutenya adalah start di Misiliana, lalu menuju objek wisata “negeri di atas awan” Lolai, terus ke Saloso, putar ke Rantepao, dan finis di Misiliana. Kategori ini akan digelar pada Minggu, 2 Oktober 2016, pukul 06.00 Wita.

“Disebut Ultra, karena lomba lari ini jaraknya di atas 40 kilometer. Kenapa Scenic? Karena para peserta nantinya akan ditawarkan pemandangan Toraja yang sangat indah yang tak pernah putus,” tutur Disyon.

MASTER PETA final

Disyon mengatakan, peserta tidak perlu khawatir soal keamanan saat mengikuti lomba lari jarak jauh ini. Sebab, pihak penyelenggara menjamin keselamatan para peserta dengan membekali racepack (peralatan lomba) serta fasilitas tempat istirahat dan pemandu (Marshal) di beberapa titik.

“Ada jas hujan, emergency blanket, peluit, dan head lamp.  Ada gelang check-poin untuk mengetahui peserta sudah benar melewati setiap pos yang ada atau tidak,” jelas  Koordinator Lapangan Toraja Ultra, Virgo Dirgantara.

Virgo menambahkan, setiap 10 kilometer di arena lintasan terdapat water station, medis, dan toilet. Hal ini tentu membuat para perserta tetap nyaman mengikuti lomba yang menembus 14 Kecamatan di Toraja ini tanpa harus khawatir soal keselamatan. (herson)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*