Home » BERITA FOTO » BERITA FOTO: Di Sungai Ini (Konon) Landorundun Biasa Mandi
Di sungai inilah (konon) si cantik jelita, Landorundun, biasa mandi. (foto: frans pongsama)

BERITA FOTO: Di Sungai Ini (Konon) Landorundun Biasa Mandi

KAREBA TORAYA — Jika Anda orang Toraja, pasti kenal, atau setidak-tidaknya pernah mendengar legenda tentang sosok perempuan cantik jelita dari Sesean Suloara, Landorundun. Perempuan yang berambut sangat panjang ini menjadi legenda karena kisah cintanya dengan Putra Mahkota Kerajaan Bone bernama Bendurana.

Landorundun 2

Konon, kisah cinta Landorundun dengan Bendurana ini bermula saat perempuan cantik jelita itu pergi mandi di sungai dekat kediamannya. Saat mandi, sehelai rambut perempuan cantik itu terlepas dan terbawa air hingga ke laut. Karena rambut itu berubah berkilauan ketika sampai di laut, seorang Putra Mahkota Kerajaan Bone menjadi penasaran. Dia pun berangkat untuk mencari pemilih helai rambut tersebut; yang singkat cerita membawa Bendurana hingga ke Toraja.

Landorundun 3

Pertanyaannya, dimana sungai tempat Landorundun biasa mandi? Pemerhati seni budaya Toraja, Frans Pongsama, memiliki jawabannya. Menurut penelusuran pria yang menyukai fotografi ini, sungai tempat Landorundun biasa mandi adalah Sungai Sikuku’ di Lembang Emba Tau, Kecamatan Sesean Suloara, pada saat ini.

Landorundun 5

Frans pun mendeskripsikan penemuannya itu melalui foto-foto yang dia ikhlaskan kepada Karebatoraja.com untuk mempublikasikannya. Inilah foto-foto lokasi sungai, yang konon biasa ditempati Landorundun, mandi. (citizen reporter/frans pongsama)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

One comment

  1. Legenda landorundun…..klo sy tdk salah ingat cerita landorundun pernah termuat di buku cetak bahasa indonesia kelas 1 SMU waktu itu tahun 1997….. Truz buat sangmane2 karebatoraya.com, klo boleh digali lagi legenda ini, seperti mis.nya batu besar yang ada di salu sa’dan ( pas depan jembatan malango’) yg konon katanya adalah kapal mendurana..”….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*