Home » BERITA FOTO » BERITA FOTO: Sarambu Ala; Air Terjun Rasa Pantai
Sejumlah warga dan pengunjung mencoba sensasi pantai di air terjun Sarambu Ala, di Awan Rantekarua.

BERITA FOTO: Sarambu Ala; Air Terjun Rasa Pantai

AWAN — Pada kebanyakan air terjun, dasarnya terdiri dari kolam alam dan batu-batu, yang terbentuk akibat hantaman air terjun secara terus-menerus. Namun, di air terjun (Sarambu) Ala, yang terletak di Lembang Awan, Kecamatan Awan Rantekarua, Toraja Utara ini, batu-batu tidak terlihat di kaki air terjun, tapi kolam alam yang besar dan pasir putih, layaknya pantai.

Tinggi air terjun ini sekitar 50 meter. Memiliki pancuran air yang luas dan berpasir sehingga pengunjung dapat menikmati suasana serasa di pantai. Pancuran air yang terjadi terus-menerus, membuat pinggiran kolam terbentuk seperti pasir pantai, yang dibentuk oleh ombak.

Pasir yang membentuk pantai di sekitar kolam air terjun diduga berasal dari material yang dihanyutkan aliran sungai, yang hampir 100 persen adalah pasir. Tanah di daerah sekitar air terjun banyak mengandung pasir sehingga aliran sungainya banyak membawah material pasir. Pasir yang terus terbawah air terjun hingga kekolam akhirnya menumpuk dan membentuk gundukan pasir yang membuat  pengunjung serasa sedang berada di pantai.


Dari ibukota kabupaten Toraja Utara, air terjun Sarambu Ala dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan empat. Namun pengunjung harus berjalan kaki lagi sekitar 500 meter melewati area persawahan dan padang rumput yang indah untuk sampai di lokasi air terjun dikarenakan akses jalan untuk kendaraan belum ada.

Perjalanan yang menantang dan melelahkan seketika terbayar ketika sampai di kaki air terjun. Pesona air terjun dan hempasan angin yang terbawah arus air yang bisa dinikmati dengan duduk di atas pasir membuat lelah seketika hilang. Selain bisa berenang dan berfoto selfy, pengunjung juga bisa bermain pasir dengan tiduran diatas pasir atau membuat menara-menara pasir.

Hempasan angin sepoi-sepoi dan gelompang kecil di atas pasir, yang hanya bisa dinikmati di pantai juga dapat dinikmati di tempat ini. Air terjun yang tinggi menjulang menghasilkan hempasan angin dari airnya yang jatuh dan sensasi gelombang kecil dihasilkan dari kerasnya air menghantam kolam menghasilkan gelombang kecil.

Lili, boca awan yang hampir setiap hari saat pulang sekolah dan saat hari libur memilih Sarambu Ala sebagai tempat bermain. “Setiap hari saat pulang sekolah kami ke sini berenang dan main pasir,” katanya.

BACA JUGA: Air Terjun Tiga Tingkat Setinggi 150 Meter Ini ada di Awan Rantekarua

Tokoh masyarakat Awan, yang juga anggota DPRD Toraja Utara, Katrina Adan, yang meluangkan waktunya berkunjung ke air terjun Sarambu Ala, beberapa waktu lalu, mengatakan sangat menikmati suasana serasa di pantai dengan bermain pasir bersama anak-anak warga Awan.

Dia juga berjanji akan memperjuangkan air terjun Sarambu Ala agar akses jalan segera dibuka dan fasilitas penunjang air terjun dibenahi sehingga kunjungan wisatawan bisa meningkat. “Kita akan perjuangkan ini. Potensi wisata di air terjun cukup tinggi sehingga mesti dibuka akes jalannya,” kata politisi Partai Demokrat ini. (Arsyad Parende)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*