Home » BERITA FOTO » BERITA FOTO: Kunjungi Tempat Ini Serasa Berada di Eropa
Permandian alam Nenneng yang terletak di Lembang Le'tek, kecamatan Bittuang, Tana Toraja.

BERITA FOTO: Kunjungi Tempat Ini Serasa Berada di Eropa

BITTUANG — Anda mungkin pernah mengunjungi kota Venezia di Italia. Atau pernah melihat pun menaiki Gondola; perahu unik dan khas kota Venezia. Anda juga mungkin pernah melihat foto kota-kota di Eropa yang memiliki kanal yang bersih dan digunakan sebagai jalur transportasi. Ya, beberapa kota di Eropa memiliki sungai yang bersih dan setiap hari dilintasi warga maupun wisatawan.

Sejumlah warga dan anak-anak berfoto selfie di permandian alam Nenneng.

Dan, salah satu ciri khas sungai atau kanal di Eropa ini adalah jembatan melengkung (setengah lingkaran) yang melintas di atas sungai untuk memberi ruang perahu atau kapal kecil melintas di bawahnya. Ada banyak kota-kota dengan pemandangan seperti ini. Selain Venezia, ada juga kota Bruges di Belgia, Praha (Republik Ceko) atau Amsterdam (Belanda).

Anak-anak bermain dan mandi di permandian alam Nenneng.

Ciri khas sungai-sungai yang menjadi ikon kota itu adalah airnya bersih, indah, rapi, dan setiap hari selalu dilintasi oleh warga maupun wisatawan. Sungai-sungai inipun menjadi objek foto yang paling menyenangkan bagi para pelancong.

BACA JUGA: Mata Air Panas di Bittuang Ini Dipercaya Bisa Sembuhkan Penyakit

Jauh di Eropa, pemandangan serupa juga bisa kita dapatkan di Bittuang, Tana Toraja. Bedanya, sungai kecil di Dusun Nenneng, Lembang Le’tek, Kecamatan Bittuang ini, masih alami. Jembatan melengkung (lebih tepatnya terwowongan) yang melintang di atas sungai ini pun bukan merupakan karya manusia; itu buatan alam. Ya, semua yang ada di sini masih asri dan alami.

Sejumlah warga berfoto dengan latar belakang terowongan alam. (foto: Rita Allo)

Jaraknya tidak jauh dari kota Bittuang, hanya beberapa ratus meter dari jalan trans Sulawesi, Makale – Mamasa. Di tempat ini, Anda akan mendapati air sungai yang jernih nan segar dengan kolam hijau yang cukup dalam. Anda bisa berenang, mandi-mandi, atau jika sedikit mencoba sesuatu yang ekstrim, Anda bisa bergelantungan di akar-akar kayu yang menjulur dari atap terowongan. Lokasi ini juga bisa menjadi spot fotografi yang cantik.

Pekuburan alam yang ada di Dusun Nenneng, Bittuang. (foto: Rita Allo)

Selain sungai dengan terowongan alam ala Eropa ini, Anda juga bisa menikmati landscape alam yang hijau dan indah di tempat ini. Tidak cukup di situ, masih banyak objek di sekitar lokasi ini yang bisa Anda lihat. Ada gua-gua (bunker) peninggalan penjajahan Belanda. Ada sekitar 9 bunker yang tersebar di sekitar lokasi. Anda juga bisa melihat kuburan (liang) tua yang usianya konon sudah ratusan tahun.

Air terjun Sarambu Assing Bittuang.

Bergeser sedikit kampung Kanan, Anda bisa mandi air panas dengan kadar belerang yang tinggi. Bergeser lagi, Anda bisa mendapatkan air terjun Sarambu Bittuang, dengan tinggi kurang lebih 30 meter. Ya, bicara soal mandi, berenang dan jalan-jalan, cobalah mengunjungi Bittuang, salah satu kecamatan paling barat di Tana Toraja. Selamat mencoba! (Jufri Tonapa)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*