Home » BERITA FOTO » BERITA FOTO JSWT 2016: Menaklukkan Cadasnya Medan Buntu Burake
Peserta tour Jelajah Sepeda Wisata Toraja 2016 menuruni jalan berbatu di Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Sabtu pagi tadi.

BERITA FOTO JSWT 2016: Menaklukkan Cadasnya Medan Buntu Burake

MAKALE — Sekitar 400-an pasapeda (pehobi sepeda) yang berasal dari berbagai daerah di Sulsel maupun Sulbar, yang mengikuti touring Jelajah Sepeda Wisata Toraja (JSWT) 2016, mungkin pernah merasakan medan berat dalam beberapa event yang mereka ikuti.

Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, melepas para peserta touring Jelajah Sepeda Wisata Toraja 2016 di objek wisata Buntu Burake.

Namun, menghadapi medan di Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, yang cadas, beberapa diantaranya harus rela turun dan mendorong sepedanya. Beberapa lainnya bahkan terjatuh. “Sudah biasa ini (jatuh), Bro,” kata seorang pesepada asal Luwu Timur yang terjatuh di tikungan kedua penurunan Buntu Burake.

Selain menghadapi medan Buntu Burake yang berat dan berkelok, para peserta touring Jelajah Sepeda Wisata Toraja 2016 ini, juga harus menghabiskan rute yang cukup panjang dan menantang. Mulai dari Burake, Lea, Turunan, Suaya, masuk ke Sangalla, terus kembali ke Tete Bassi Makale, belok kanan menuju ke objek wisata Lemo dan memutar kembali ke Makale untuk mencapai garis finis di Taman Rakyat Kolam Makale.

Para peserta touring Jelajah Sepeda Wisata Toraja 2016 melintas di belakang patung Yesus Memberkati, Burake.

Berat memang. Tapi para peserta touring merasa enjoi dan begitu menikmati perjalanan mereka. Sebab, di kiri dan kanan jalan sepanjang jalur, para peserta bisa menikmati keindahan panorama alam Tana Toraja, yang luar biasa.

“Cape? Tidak juga, karena banyak pemandangan indah di jalan. Sayangnya, waktu masuk di jalan utama, banyak debu,” keluh seorang peserta touring.

Medan touring Buntu Burake yang cadas dan menantang.

Touring Jelajah Sepeda Wisata Toraja 2016, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Lovely December 2016, dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, di pelataran patung Yesus Memberkati Buntu Burake, Sabtu pagi, 17 Desember 2016.

Peserta yang ikut dalam touring ini sekitar 400-an orang, yang berasal dari klub-klub sepeda di Sulsel, Sulbar, dan beberapa daerah lainnya di Indonesia. Dari 400-an peserta ini terlihat juga beberapa peserta perempuan dan anak-anak.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, berfoto bersama para pimpinan klub sepeda yang mengikuti touring Jelajah Sepeda Wisata Toraja 2016 di garis finis.

Sebelum melepas secara resmi para peserta touring, Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara, berpesan agar para peserta mempromosikan pariwisata Toraja setelah selesai touring dan kembali ke daerah masing-masing.

Victor juga menegaskan bahwa pemerintah kabupaten Tana Toraja akan menjadikan JSWT sebagai event berkelas nasional dan diadakan setiap tahun di Toraja. “Kita akan jadikan Jelajah Sepeda Wisata Toraja ini sebagai event nasional dan menjadi kalender tetap tahunan di Toraja,” ujar Victor.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, memberikan sambutan selamat datang dan menyerahkan hadiah utama door prize Jelajah Sepeda Wisata Toraja 2016 berupa satu unit sepeda motor.

Usai melakukan touring, peserta berkumpul di Kolam Makale dan disambut hangat Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae. Selain disambut, peserta juga menunggu pengundian door prize dengan hadiah utama satu unit sepeda motor yang disumbang oleh Bapak Molen Bangapadang dari Jakarta.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae dan beberapa pejabat daerah serta panitia JSWT menyaksikan pengundian door prize.

Pada pengundian door prize dan peserta yang beruntung adalah klub sepeda Soppeng dan berhasil membawa pulang hadiah utama berupa satu unit sepeda motor. Peserta yang lain cukup beruntung dengan mendapat hadiah lain, seperti sepeda gunung, lemari es, televisi, dan beberapa hadiah hiburan lainnya. (infotorial/arthur)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*