Home » BERITA FOTO » BERITA FOTO: Air Terjun Tiga Tingkat Setinggi 150 Meter Ini Ada di Awan Rantekarua
Air Terjun Marurun, yang terletak di Lembang Limbong Padang, Kecamatan Awan Rantekarua

BERITA FOTO: Air Terjun Tiga Tingkat Setinggi 150 Meter Ini Ada di Awan Rantekarua

AWAN — Warga Awan Rantekarua mesti berbangga diberkahi pesona alam yang luar biasa. Betapa tidak, kecamatan pecahan Rindingallo, ini bisa dijuluki “negeri air terjun” karena begitu banyaknya air terjun yang ada di daerah itu.

Salah satunya dan yang paling luar biasa pesonanya adalah Air Terjun Marurun, yang terletak di Lembang Londong Biang, Kecamatan Awan Rantekarua, Toraja Utara. Dikatakan luar biasa karena air terjun ini bertingkat tiga. Ketinggian tiap tingkatan air terjun ini bervariasi, dan tingkat kedua yang paling tinggi, yakni sekitar 70 meter. Total ketinggian tiga tingkatan air terjun ini sekitar 150 meter.

Dari tingkat paling bawah air terjun, pengunjung bisa ke tingkat dua dengan menaiki anak tangga di sisi kiri air terjun yang sudah dirintis warga setempat. Dari ketiga tingkatan air terjun Marurun ini hanya tingkat paling bawah dan kedua yang bisa dijangkau karena untuk menuju tingkat paling atas saat ini belum ada akses dan medannya sangat terjal.

Dari ibukota kabupaten Toraja Utara, Rantepao, air terjun Marurun dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan empat. Namun pengunjung harus berjalan kaki lagi sekitar 500 meter untuk sampai di lokasi air terjun dikarenakan akses jalan untuk kendaraan belum ada.

Keunikan air terjun Marurun tidak hanya pada ketinggian dan bertingkat, tetapi masih banyak keunikan lain. Pada tingkat paling bawah air terjun Marurun memiliki dua pancuran atau air terjun kembar. Setiap landasan dari ketiga tingkatan air terjun ini memiliki kolam sehingga pengunjung bisa berenang menikmati sensasi alam yang ada. Selain berenang, air terjun ini juga sangat cocok untuk pengunjung yang suka berfoto selfi dan adventure.

Pemandangan alam di sekitar air terjun Marurun

Karena jaraknya yang jauh dari pusat kota,  air terjun Marurun masih sepi pengunjung sehingga pengunjungnya baru sebatas masyarakat lokal. Selain itu air terjun Marurun juga belum terlalu dikenal karena belum pernah dipublikasikan media sebelumnya.

Perjalanan yang menantang dan melelahkan untuk mencapai air terjun marurun seketika terbayar ketika sampai di kaki air terjun. Pesona air terjun dan hempasan angin yang terbawah arus air terjun menciptakan kesejukan tersendiri.

Katrina Adan, salah satu masyarakat Awan dan juga anggota DPRD Toraja Utara, yang meluangkan waktunya berkunjung bersama keluarga besarnya yang baru tiba dari perantauan, mengaku puas dan sangat senang bisa berkunjung ke air terjun Marurun.

Ia juga menjelaskan jika keluarga besarnya senang berlibur ke air terjun Marurun.  Katrian berjanji akan memperjuangkan air terjun Marurun ini bisa menjadi objek wisata terkenal dengan membangun akses jalan menuju ke lokasi air terjun. Selain itu juga akan membangun fasilitas penunjang objek, sehingga pengunjung bisa meningkat.

“Di DPRD saya akan berjuang, tetapi saya minta perhatian dan kerjasama Pemerintah Kabupaten Toraja Utara untuk bersama-sama membangun akses jalan dan fasilitas penunjang serta mempromosikan objek wisata yang luar biasa ini,” katanya. (Arsyad/Jufri)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*