Home » KAREBA TORAYA » TANA TORAJA » Bangun Jalan ke Bandara, Pemkab Siapkan Anggaran Rp4 M
Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, berfoto bersama salah satu tokoh Toraja, dr. Johan Tonglo di kediamannya, beberapa waktu lalu. Di tempat inilah Nico mengungkapkan bahwa Pemkab Tana Toraja akan membangun jalan akses ke bandara.

Bangun Jalan ke Bandara, Pemkab Siapkan Anggaran Rp4 M

KAREBA TORAYA — Mendapat lampu hijau dari Departemen Perhubungan soal kelanjutan pembangunan Bandar Udara Buntu Kunyi di Kecamatan Mengkendek, Pemerintah Kabupaten Tana Toraja langsung merespon dengan membangun jalan akses bandara dari Minanga ke Buntu Kunyi.

“Kita siapkan anggaran Rp4 miliar dari APBD 2016 untuk membuka jalan ke bandara dari Minanga,” ungkap Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, kepada Karebatoraja.com, kemarin.

Nico, sapaan akrab Nicodemus, mengatakan pemerintah kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara dan Departemen Perhubungan Republik Indonesia, sudah mencapai kata sepakat untuk melanjutkan pembangunan Bandar Udara Buntu Kunyi di kecamatan Mengkendek, yang sempat mandek pembangunannya pada tahun 2016, karena tidak ada alokasi anggaran dari pemerintah pusat.

“Sudah ada kesepahaman dengan pemerintah pusat (Dephub RI), untuk kelanjutan bandara kita. Itu sebabnya kita mesti berbuat sesuatu juga mendukung hal itu. Salah satunya adalah dengan membangun akses jalan yang layak ke bandara,” jelas Nico.

Untuk memperlancar proses pembangunan Bandara Buntu Kunyi, Nico memohon dukungan dari semua elemen masyarakat Toraja. Kalau pun ada perbedaan pendapat soal bandara, kata Nico, hal itu bisa dikomunikasikan dengan pemerintah. Jika masih ada pro kontra antara masyarakat Toraja sendiri, pemerintah pusat akan memandang hal itu sebagai hambatan.

“Mari kita dukung semua. Bandara ini bukan untuk siapa-siapa, untuk kita semua. Kalau ada bandara, ekonomi masyarakat pasti makin maju, demikian pula dengan pariwisata kita,” pinta Nico. (arthur)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*